Cara Memanfaatkan Tanah Kavling Untuk Usaha Yang Produktif

Cara Memanfaatkan Tanah Kavling Untuk Usaha Yang Produktif

Saat ini banyak sekali masyarakat yang tidak memiliki pekerjaan dan kebingungan untuk mencari lapangan pekerjaan baru. Sebagian dari mereka ada yang menyerah dengan nasib. Namun sebagian lagi ada yang memiliki daya kreativitas dan memiliki keinginan untuk menjalankan suatu usaha. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara memanfaatkan tanah kavling untuk dijadikan sebuah usaha.

Sebelum itu, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu tanah kavling. Tanah kavling adalah sebuah lahan kosong yang luas dan sudah di pecah menjadi beberapa bagian tanah. Saat ini kebutuhan tanah di indonesia semakin bertambah banyak. Namun yang menjadi kendala masyarakat sekarang adalah memiliki tanah itu sulit karena membutuhkan uang yang cukup banyak.

Nah, untuk mempermudah pembahasan tentang pemanfaatan tanah kavling ini. Maka akan kita bagi dalam tiga tingkatan yang bisa di kelola oleh masyarakat. Terdiri dari tingkat masyarakat menengah ke bawah, masyarakat menengah, dan masyarakat tingkat menengah ke atas.

Tanah kavling yang di pakai untuk usaha oleh masyarakat menengah ke bawah contohnya warung/toko, atau lahan yang bisa di pakai usaha kecil, kisaran harga yang di butuhkan sekitar 5-10 jutaan. Kemudian tanah kavling yang biasanya dimanfaatkan bagi masyarakat menengah utamanya di bangun untuk ruko, penginapan, kos kosan, kontrakan. Kisaran harga yang di butuhkan puluhan juta sampai ratusan juta rupiah.

Dan pemanfaatan tanah yang biasa digunakan masyarakat menengah ke atas biasanya di buat perumahan cluster,dealer otomotif, apartemen, hotel, dsb. Kisaran harganya mencapai ratusan juta sampai milyaran rupiah. Tanah kavling yang bisa di manfaatkan biasanya disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar, agar menunjang fungsi tanah kavling itu sendiri. Selain itu, terdapat faktor lain yang juga mempengaruhi pada usaha yang akan dijalani pada tanah kosong diantaranya: kontur tanah, lokasi tanah,dan lingkungan yang ada di sekitar tanah tersebut.

Memanfaatkan Tanah Kavling Untuk Usaha

Masalah pemanfaatan tanah itu sendiri menjadi suatu permasalahan lain yang masih belum terpecahkan sepenuhnya. Biasanya yang menjadi kebingungan masyarakat yang belum paham yaitu adalah bagaimana tips efektif memanfaatkan lahan kosong. Agar nantinya dapat mengahasilkan usaha yang produktif untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Untuk tanah yang biasa dimanfaatkan di tanah kontur biasanya lebih bisa di manfaatkan sebagai teman yang memiliki nilai estetika (keindahan). Tanah seperti ini memiliki daya tarik yang mengikat hati para wirausaha. Lokasi tanah seperti ini cocok digunakan untuk tempat wisata yang akan mendatangkan banyak pengunjung. Terutama bagi pengunjung yang menyukai keindahan alam untuk dijadikan spot foto atau spot instagramable. Sehingga membuat para pengunjung terkesan ingin berkunjung lagi ke tempat tersebut. Contoh pemanfaatan seperti ini terdapat di kawasan wisata lembang-Bandung, ciwidey-Bandung. Ataupun puncak bogor dan banyak lagi tempat lainnya.

Lokasi tanah yang akan di jadikan usaha pun dapat mempengaruhi usaha yang akan di bangun nantinya. Lokasinya harus strategis, misalnya lokasi di pinggir jalan, di tempat dekat keramaian (kota), mudah mendapatkan transportasi kendaraan umum. Agar lebih mudah ditemukan oleh orang.

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu sasaran dan bentuk usahanya harus sesuai dengan kebutuhan yang ada di lingkungan tersebut. Agar bisa mendorong usaha yang akan Anda bangun. Misalnya Anda ingin membuka usaha fotocopy-an, yang Anda lakukan terlebih dahulu adalah melakukan analisis pencocokan. Apakah lokasi tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat disekitar. Seperti dekat dengan perkatoran, uiversitas, atau sekolah-sekolah yang membutuhkan fasilitas fotocopy, alat tulis, dan lain sebagainya.

Demikian informasi tentang memanfaatkan tanah kavling untuk usaha yang bisa diulas pada kesempatan kali ini. Apabila Anda sedang mencari lokasi tanah yang di butuhkan untuk usaha, Anda bisa menghubungi kami di www.propertitasik.com